Hanya seorang anak manusia yang mencoba belajar merangkai kata demi kata melalui keyboard komputer agar menjadi kalimat yang bisa dibaca dan berguna bagi orang lain ...

   adf.ly - shorten links and earn money! 

your ad here!

Beberapa Sifat Dasar Dari Manusia

→ do you want to share?

Sifat Manusia

Manusia pada hakekatnya memiliki beberapa sifat dasar, Diantara sifat-sifat itu tentunya ada yang baik dan ada pula yang buruk. Memang Tuhan maha adil menciptakan segala sesuatu secara berpasang-pasangan, Kalau ada sifat baik mesti ada sifat yang buruk juga (yaa! kalo baik semua kasihan dunk setan'e ndak ada kerjaan, he..he..). Dan sifat itu sendiri tergantung juga sama manusianya? mau memilih jadi yang baik atau yang buruk.

OK! dari pengalaman dan beberapa sumber penulis menemukan 7 sifat dasar yang terdapat pada manusia (kalo kurang anda juga boleh menambahkan!). Sifat-sifat itu adalah :


  1. Rasa Penasaran
    Tidak bisa dipungkiri lagi sifat dasar kita sebagai manusia yang paling pertama adalah rasa penasaran atau pengen tau aja!. Kita dapat melihat sifat ini dari bayi yang berumur 1 tahun maupun selebihnya di mana jika si bayi menemukan benda atau mainan baru maka benda itu akan ditelitinya dengan cara memegang, memukul, memasukkan dalam mulut, menggigitnya dan segala macam eksperimen lainnya sampai rasa ingin tahu terpuaskan. Dan menurut penulis hal ini wajar terjadi karena ini merupakan sifat dasar kita sebagai manusia.

  2. Ingin Dihargai dan Diperhatikan
    Kebanyakan orang akan lebih senang jika mereka dihargai dan diperhatikan, Sebagai contoh mungkin anda pernah mengalaminya yaitu saat kita berbicara dengan seseorang dan orang tersebut ternyata tidak mendengarkan pembicaraan kita meski kita sudah berulang kali mengulangi perkataan kita. Hal ini jelas membuat kita kesal dan merasa diri kita tidak dihargai sehingga mungkin mood kita akan berubah atau bisa saja kita ngambek terhadap orang tersebut sebagai bentuk agar orang tersebut tahu bahwa kita ingin diperhatikan dan dihargai.

  3. Senang Dipuji
    Entah mengapa terkadang saat mendengarkan pujian dari seseorang meskipun sebenarnya pujian tersebut terkadang tidak seperti yang sebenarnya bagi kita tetapi tetap kita yang mendengar pujian tersebut secara sadar maupun tidak sadar akan merasakan perasaan senang dan bahagia di dalam diri kita, Sehingga wajah kita akan terlihat bersinar dan senyum akan merekah di bibir kita.

  4. Sensitif
    Setiap orang / manusia tidak akan merasa tidak senang jika mereka dibanding-bandingkan dengan orang lain. Meski kadang-kadang kita tidak terlalu mempedulikan akan hal tersebut entah mengapa di dalam hati kita merasakan kesal yang amat teramat jika kita di banding-bandingkan dengan orang lain. Meski sifat ini dipengaruhi juga oleh lingkungan namun hal ini tetap saja akan melekat di dalam diri kita selama hidup karena kita mempunyai hati dan perasaan sehingga wajar bila kita merasakan sensitive terhadap sesuatu.

  5. Rendah diri
    Sifat rendah diri akan selalu ada di dalam diri kita sepanjang hidup kita bila kita masih memiliki perasaan tidak menerima diri sendiri. Meski mungkin sebenarnya kita sudah dilihat orang lain sebagai orang yang luar biasa dan mengagumkan namun saat diri kita bertemu atau dibanding-bandingkan dengan seseorang yang namanya sangat terkenal, lebih hebat, lebih luar biasa dari kita pastilah sekilas ada perasaan rendah diri pada diri kita apalagi bila orang membandingkan dan mengatakan orang tersebut lebih hebat dari diri kita. Alangkah baiknya bila kita menerima diri kita sendiri dengan cara mengetahui kekuatan dan kelemahan diri kita sendiri sehingga kita tidak akan kehilangan jati diri.

  6. Malas
    Sifat ini sebenarnya dilihat bagaimanapun akan selalu ada di diri kita masing-masing, Meski berusaha sekuat apa pun diri kita tak akan sanggup menghilangkan sifat ini. Hal yang bisa dilakukan hanyalah berupaya mengurangi sifat malas ini sehingga akan membuat diri kita menjadi lebih berarti lagi di dunia ini. Mungkin anda sendiri dapat mengetahui peristiwa-peristiwa apa saja yang membuat sifat malas ini menempel pada diri kita. Sebagai contoh kita akan berpikiran seandainya hari ini libur pasti aku bisa tidur seharian dengan puas, Jika malam sebelumnya kita habis begadang semalaman.

  7. Sombong / Membual
    Entah mengapa setiap dalam kehidupan kita, Diri kita yang sebenarnya tidak ingin membual terkadang ada saat di mana kita kesal melihat orang lain membangga-banggakan dirinya sendiri akan keberhasilannya yang bagi kita itu biasa-biasa saja akan membuat diri kita membual atau mengucapkan sesuatu yang mungkin tidak benar atau sedikit ada benarnya tapi ditambah-tambahi dengan kejadian-kejadian yang sebenarnya tidak pernah terjadi (hiperbola). Alangkah baiknya bila kita menerima dan turut bersuka cita akan keberhasilan orang lain yang berada di sekitar kita.

Ke-7 sifat dasar di atas sebenarnya jika dilihat-lihat saling kait antara yang satu dengan yang lainnya dan ada hubungannya dengan keinginan PENCIPTA atau apakah sesuai dengan perkataan para ahli di mana sifat kita ditentukan oleh hormon. Tidak ada yang tahu dan hanya kita yang bisa mempertimbangkan hal ini dengan bijaksana. Kiranya hal ini dapat menjadi masukan bagi anda sekalian dan hal ini dapat secara bijaksana dipahami sehingga kehidupan kita dapat menjadi lebih bermakna dan lebih mengenal orang-orang di sekitar kita.




Kirim update terbaru dari blog ini langsung ke Email anda!!!
Caranya mudah sekali, Hanya dengan mengetikan alamat email anda di form di bawah ini anda sudah bisa berlangganan artikel/berita dari blog Coretan V`troh.

Mungkin ini yang anda cari ? . . . atau mungkin anda mau mencarinya disini.

0 Respon for "Beberapa Sifat Dasar Dari Manusia"

Tulis Komentar

Berikan komentar / kritik / saran atau masukan lain yang membangun. Komentar anda akan melalui proses Moderasi dan setiap komentar SPAM! akan di hapus.


 

SEO Optimize

Blog Statistic


free counters


Trafic Visitor 

Copyright 2009 Coretan V`troh is proudly powered by Blogger & Template by Blog Zone