Hanya seorang anak manusia yang mencoba belajar merangkai kata demi kata melalui keyboard komputer agar menjadi kalimat yang bisa dibaca dan berguna bagi orang lain ...

   adf.ly - shorten links and earn money! 

your ad here!

Instalasi Windows XP dari USB flash disk!

→ do you want to share?

USB

Setelah searching sana-sini, akhirnya penulis ketemu juga dengan sebuah artikel tentang Instalasi windows XP dari USB flash disk! Ini gara-gara ada seorang temen dari penulis yang memiliki mini laptop (yang lagi trend tuch..) yang mau diinstal ulang windows-nya. Tau sendiri kan kalian kebanyakan mini laptop nggak ada cd room-nya. Jadi tiba-tiba harus mencari dunk ilmunya, Tapi ya lumayan-lah buat belajar and coba-coba, mumpung ada korban (jangan kenceng2 nanti orange tau!). And sekarang penulis taruh deh di blog ini, yaa itung-itung buat belajar juga untuk yang lainnya.

Nggak usah panjang lebar ngaconya, langsung aja! Dibawah ini ada beberapa langkah untuk menjalankan misi (Instal windows XP dari USB flash disk!). Silahkan di baca satu persatu yach :
  1. Download dulu file usb_prep8_[dot]exe dan PeToUSB_3.0.0.7_[dot]exe.
  2. Kemudian kalo sudah selesai downloadnya, Ekstrak kedua file tersebut (menggunakan WinZip atau WinRar), Dan taruh kedua file tersebut dalam 1 folder.
  3. Tancapkan USB flash disk anda ke salah satu port USB di komputer (bukan komputer yang mau diinstal ulang, tapi komputer lain yang dalam kondisi baik). Tolong diingat-ingat posisi drive-nya! Apakah di F:, G:, H:, atau di drive yang lainnya.
  4. Trus masukkan CD instalasi Windows XP ke optical drive. Jika komputer anda menjalankan proses instalasi secara otomatis, Batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang sedang berjalan.
  5. Selanjutnya, Anda buka folder di mana anda meng-Ekstrak aplikasi modul pembuat instalasi yang tadi.
  6. Setelah itu jalankan file bernama usb_prep8.bat, maka di layar monitor akan tampak jendela Command Prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan Press any key to continue.. tekan sembarang tombol untuk konfirmasi.
  7. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta anda memformat USB flash disk anda. Tak perlu mengubah setting apa pun, Langsung saja klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi yang muncul di layar sesuai kebutuhan anda.
  8. Jika sudah selesai, Tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika anda menjalankan usb_prep8.bat), Maka di layar akan muncul pilihan-pilihan mulai dari 0 hingga 5.
  9. Gunakan pilihan ke-1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk anda. Disini, Tentukan di drive mana anda menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan anda jika memang anda telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.
  10. Gunakan pilihan ke-3 untuk menentukan di mana anda mencolok flash disk. Kalau flash disk anda berada di drive F:, maka ketik F kemudian tekan ENTER. Dan jika di drive G: maka ketik G dan kemudian tekan ENTER. Begitu seterusnya berlaku untuk drive-drive yang lain.
  11. Selanjutnya gunakan pilihan ke-4 untuk memulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk anda secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lainnya.
Selesai sudahh..huhhz! Sekarang flash disk anda sudah siap digunakan untuk instalasi Windows XP! Silahkan melakukan setting pada BIOS komputer anda, Dan pilih Removeable Disk (atau apa pun nama lainnya yang terdapat di komputer anda) sebagai media pertama yang dijalankan saat booting.
Note : Untuk yang menggunakan sistem RAID, coba pakai Nlite.




Kirim update terbaru dari blog ini langsung ke Email anda!!!
Caranya mudah sekali, Hanya dengan mengetikan alamat email anda di form di bawah ini anda sudah bisa berlangganan artikel/berita dari blog Coretan V`troh.

Mungkin ini yang anda cari ? . . . atau mungkin anda mau mencarinya disini.

0 Respon for "Instalasi Windows XP dari USB flash disk!"

Tulis Komentar

Berikan komentar / kritik / saran atau masukan lain yang membangun. Komentar anda akan melalui proses Moderasi dan setiap komentar SPAM! akan di hapus.


 

SEO Optimize

Blog Statistic


free counters


Trafic Visitor 

Copyright 2009 Coretan V`troh is proudly powered by Blogger & Template by Blog Zone